·
Pengertian
Permintaan dan Penawaran
Pada masyarakaat modern seperti
sekarang ini, manusia akan membutuhkaan barang-barang yang dihasilkan oleh
orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia akan selalu berusaha
untuk memperoleh barang-barang yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan
tingkat kemampuan untuk membelinya.
Pendapatan seseorang merupakan
daya beli terhadap barang yang dihasilkan oleh orang lain. hal ini
mengakibatkan timbulnya permintaan akan barang dan jasa oleh orang yang ingin
memiliki barang dan jasa tersebut. Permintaan dalam isitilah
ekonomi disebut demand adalah jumlah barang dan jasa yang berada di
pasar dengan harga tertentu dan pada waktu tertentu yang akan dibeli oleh
konsumen.
Permintaan dalam isitilah ekonomi disebut demand adalah
jumlah barang dan jasa yang berada di pasar dengan harga tertentu dan pada
waktu tertentu yang akan dibeli oleh konsumen.
Penawaran
adalah setiap produsen yang menghasilkan barang dan jasa tertentu dengan maksud
untuk memperoleh keuntungan dengan cara menjual hasil produk tersebut. Kekuatan
produsen menyediakan barang di pasar untuk dijual merupakan kegiatan penawaran.
Penawaran adalah tersedianya baran gatau jasa di pasar untuk dijual pada saat
tertentu dengan tingkat harga terpentu pula.
Teori
permintaan menjelaskan sifat para pembeli dalam permintaan suatu barang,
sedangkan teori penawaran menjelaskan sifat para penjual dalam penawaran suatu
barang. Teori permintaan yang menjelaskan sifat hubungan antara jumlah
permintaan barang dan harganya dikenal dengan hukum permintaan yang berbunyi:
“makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta;
sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang
diminta”. Teori penawaran yang yang menjelaskan sifat hubungan antara jumlah
barang yang ditawarkan dan harganya dikenal dengan hukum penawaran yang
berbunyi : “makin tinggi harga suatu barang, makin banyak jumlah barang yang
ditawarkan oleh para penjual; sebaliknya makin rendah harga suatu barang, makin
sedikit jumlah barang yang ditawarkan”. Dengan menghubungkan permintaan pembeli
dan penawaran penjual akan dapat ditentukan harga pasar dan jumlah barang yang
dijual-belikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar