Kamis, 30 Mei 2013

KREATIVITAS DAN INOVASI


KREATIVITAS DAN INOVASI
KREATIVITAS, INOVASI DAN KEWIRAUSAHAANKreativitasKreativitas merupakan memikirkan sesuatu,kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbedadengan apa yang telah ada sebelumnya.Menurut Zimmerer (1996) untuk mengembangkan keterampilan, seseorang menggunakan otak sebelah kiri. Sedangkan untuk belajar mengembangkan keterampilan kreatif digunakan otak sebelah kanan, ciri-cirinya:a)Selalu bertanya, “ Apakah ada cara yang baik? “. b)Selalu menantang kebiasaan, tradisi dan kebiasaan rutin.c)Berefleksi/ merenung, berfikir dalam.d)Berani bermain mental, mencoba melihat masalah dari perpektif yang berbeda.e)Menyadari kemungkinana benyak jawaban dari pada satu jawaban yang benar.f)Melihat kegagalan dan kesalahan hanya sebagai jalan untuk mencapai sukses.g)Mengkorelasikan ide-ide yang masih samara terhadap masalah untuk menghasilkan pemecahan inovasi.h)Memiliki kemampuan untuk bangkit di atas kebiasaan rutin dan melihat permasalahandari perfektif yang lebih luas kemudian memfokuskannya pada kebutuahan untuk  berubah.InovasiInovasi adalah proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalamsituasi yang baru. Konsep kebaruan ini berbeda bagi kebanyakan orang karena sifat nya relative(apa yang dianggap baru oleh seseorang atau pada suatu konteks dapat menjadi sesuatu yangmeruapakan lama bagi orang lain dalam konteks lain).Inovasi adalah memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang menambahatau menciptakan nilai-nilai manfaat(social/ekonomik) (Gde Raka,2001). Untuk menghasilkan perilaku inofatif seseorang harus melihat inovasi secara mendasar sebagai proses yang dapatdikelola (John Adair,1996).
 Krativitas dan inovasiInovasi dan kerativitas berbeda wilayah domain yang sama,teapi memiliki batasan yang tegas.Kreatifitas merupakan langkah pertama menuju inovasi yang terdiri atas berbagai tahap.Kreatifitas berkaitan dengan produksi kebaruan dan ide yang bermanfaat sedangkan inovasi berkaitan dengan produksi atau adopsi ide yang bermanfaat dan implementasinya.Istilah
Entrepreneurship sebenarnya berasal dari kata entrepreneur, yang dapat diterjemahkanmenjadi kewirausahaan. Kewirausahaan adalah suatu kemampuan dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif .
yang dijadikan dasar, sumber daya tenaga penggerak tujuan, siasat, kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.WirausahaWirausaha adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilaikesempatan-kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkanuntuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih sukses.KewirausahaanKewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauandalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.PROSES KREATIF
1.PersiapanLangkah ini mencangkup mempersiapkan akal untuk siap berfikir kreatif, Pelatihanformal, pelatihan saat kerja, pengalaman bekerja dan mengambil peluang belajar lainnya.Pelatihan ini memberikan dasar cara membangun kreatifitas dan inovasi.
2.InvestigasiDi langkah ini diharapkan mengembangkan pemahaman kuat atas masalah, situasi ataukeputusan yang ada.
3.TransformasiBerarti harus memandang persamaan dan perbedaan yang ada pada informasi yangdikumpulkan.
4.InkubasiAlam bawah sadar memerlukan waktu untuk merefleksi informasi yang dikumpulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar